Belajar Berimaji

Mari Berimaji!

Ajak Mahasiswa Berpikir Kritis, LPM SITUS Adakan Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar

diposting oleh dini-ardianty-fib10 pada 21 February 2013
di corat-coret - 0 komentar

Ajak Mahasiswa Berpikir Kritis, LPM SITUS Adakan Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar

 

 

Kritis, Solutif, dan Berwawasan Global, begitulah tema besar yang diangkat dalam Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJTD) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SITUS Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga. Ada yang berbeda dari DJTD tahun ini, yaitu pelaksanaan DJTD yang diadakan di luar kota, yaitu di vila Bahtera, Tretes, Pasuruan, sejak tanggal 16-18 Januari 2013 lalu.

“Tahun-tahun sebelumnya DJTD hanya diselenggarakan di dalam fakultas, sedangkan tahun ini kami mencoba untuk menyajikan hal yang berbeda. Selain itu diklat yang diadakan di luar kota dirasa lebih fokus, karena menurut pengalaman tahun lalu jika dilakukan di Surabaya banyak peserta yang izin meninggalkan diklat di tengah kegiatan,” terang Dewi Yali Ulwiyah, Pimpinan Umum LPM SITUS dalam pembukaan DJTD.

DJTD tahun ini diikuti oleh 32 peserta yang tidak hanya berasal dari FIB, melainkan juga dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Kedokteran, bahkan dari Tabloid GEMA Universitas Negeri Surabaya, LPM Semesta Universitas Madura, dan LPM Dedikasi STAIN Kediri.

“Kegiatan ini memang tidak hanya dikhususkan untuk anggota baru LPM SITUS karena kami ingin mengenalkan jurnalistik kepada mahasiswa pada umumnya. Untuk anggota baru LPM SITUS sendiri kami ingin mengenalkan dasar-dasar jurnalistik serta mengenalkan LPM SITUS lebih mendalam. Mengenai keterlibatan LPM lain, LPM SITUS memang tergabung dengan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) dimana kami saling bertukar pikiran dan pembelajaran dengan LPM lain dengan cara pengiriman delegasi, seperti pengiriman delegasi pada DJTD ini,” ujar Afis Latifah, ketua panitia DJTD 2013.

Pembicara pada DJTD tahun ini adalah alumni LPM SITUS yang telah sukses di bidang jurnalistik, seperti Arief Junianto dari Radar Yogya, Ori, Dery Ardiansyah, dan Jatmiko. Selain itu M. Isnainy, anggota LPM Edukasi IAIN Sunan Ampel yang sudah malang melintang di dunia layout majalah juga menjadi pembicara DJTD.

DJTD mengambil tema “Mencetak Insan Pers yang Kritis, Solutif, dan Berwawasan Global”. LPM SITUS sebagai salah satu lembaga pers mahasiswa yang berfungsi sebagai pengontrol kehidupan di kampus diharapkan tidak hanya paham isu-isu yang ada di dalam kampus, namun juga peka terhadap isu di luar kampus. Selain itu mahasiswa juga diharapkan tidak hanya bersifat kritis terhadap sekitar, namun juga solutif sesuai dengan peran mahasiswa sebagai agen perubahan (agent if change).

 “DJTD ini bukan merupakan agenda akhir dalam memahami jurnalistik. Selanjutnya akan ada beberapa agenda lain yang akan diadakan oleh LPM SITUS untuk mengasah kemampuan anggota LPM SITUS seperti pelatihan penulisan berita, pelatihan editing, pelatihan layout, dan lain sebagainya. Selain itu kami akan berusaha untuk mewadahi apresiasi dan mengajak mahasiswa di luar anggota LPM SITUS untuk turut aktif dan kritis menanggapi isu-isu kampus maupun di luar kampus melalui diskusi-diskusi. Kami ingin menghidupkan kembali suasana kampus yang semarak dengan kegiatan diskusi oleh mahasiswa,” tutur Dini, panitia acara DJTD 2013.

Terakhir, Afis Latifah menambahkan bahwa anggota LPM SITUS juga akan mengikuti Diklat Jurnalistik Tingkat Lanjut (DJTL) yang biasanya diselenggarakan oleh Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) ataupun Lembaga Pers Mahasiswa lainnya seperti yang telah dilakukan LPM SITUS tahun 2012 lalu yang mengirimkan delegasi ke DJTL tingkat nasional di Semarang. (DA)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :